Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer

Ilyas175 – Komputer menyala terus menerus sedang mengerjakan tugas yang kita berikan, dan satu jam lagi tugas akan selsai, sementara kita sudah sangat ngantuk. Mestinya kita segera istirahat tapi karena komputer harus dimatikan setelah tugas selsai, akhirnya kita menguggu sampa proses selsai, lalu mematikannya, jadi waktu istirahat kita terganggu. Haruskah ini berkelanjutan?, mau sampai kapan kah seperti ini?. Pastinya sangat menyusahkan bukan?. Oleh karena itu kita akan bahas cara mematikan komputer secara otomatis sekarang juga.

Itulah yang pernah saya alami, mungkin sobat juga pernah mengalami hal demikian. Misalkan sekarang sobat sedang mendownload file yang besar, setelah berjalan proses download beberapa persen, kemudian sobat merasa lelah dan butuh istirahat apakah sobat akan menuggu sampai proses download selsai, atau istirahat?, tapi biaya listrik bisa membengkak kalau ditinggal tidur.

Nah kalau itu yang sobat alami sobat akan termukan jawabannya di blog tercinta ini.

Awal Mulanya ada Pertanyaan yang datang dari seorang ustadz di salah satu pondok pesantren besar, ceritanya ustadz ini sangat sibuk, setiap hari mengurusi santri, ya tau lah santri itu gimana?, sifatnya macem-macem, tiap orang beda. Nah disela kesibukannya itu sang ustadz selalu ingin memperdengarkan bacaan al quran (Murottal) pada santrinya disela waktu kosong si santri.

*Perlu diketahui ustadz ini memperdengarkan bacaan al quran dengan komputer yang disambungkan ke speaker besar.

Bisakah Komputer Diatur Agar Mati Secara Otomatis?

Singkat cerita sang ustadz ini bertambah kesibukan, sehingga sulit untuk mengurusi masalah yang satu ini. Murottal diputar selalu, tapi tidak ada waktu yang cukup tepat untuk mematikannya. Ketika sudah hampir masuk jam pelajaran baru sempat dimatikan. itu karena saking sibuknya beliau, dan tidak banyak yang rajin main komputer. akhirnya terlontarlah pertanyaan ini pada saya. bisakah komputernya disetting untuk shutdown sendiri kalau sudah jam sekian?.

Tapi sayangnya saya melewatkan kesempatan ini, karena keterbatasan ilmu yang saya miliki. Saya jawab “kalau pakai software untuk otomatis shutdown bisa ustadz”, tapi jawaban itu tidak membantu karena sulitnya sinyal di pondok kami ini. Jadi saya terdorong untuk mencari tahu bagaimana cara mematikan komputer dalam beberapa detik kedepan?, setelah saya puas berkeliling di dunia ini, akhirnya saya menemukan jawaban yang cocok.

Sekarang saya akan jelaskan bagaimana cara mematikan komputer dari yang paling mudah sampai yang membuat timer agar komputer mati secara otomatis. Oke simak baik-baik semua cara yang saya bahas dibawah ini.

Cara Mematikan Komputer (Normal)

Windows 7

Pergi ke Start, lalu klik Shutdown.

Selsai. Komputer langsung mati.

Windows 8, dan 8.1 Bagian 1

Start, klik Power, lalu pilih shutdown.

Beres deh.

Windows 8, dan 8.1 Bagian 2

Geser pointer mouse (panah kecil) ke pojok kanan bagian bawah layar, lalu geser keatas.

Pilih settings, kemudian pilih power.kli Shutdown.

Oke.

Windows 10

Pergi ke Start, lalu klik Shutdown.

Selsai.

Baca : Cara Mendownload Video di Youtube dengan Mudah

Yang sobat lihat diatas adalah cara mematikan komputer dengan normal, semuanya sama sama mengarah ke tombol “Shutdown”. Kalau mau saya kasih tau, tombol “shutdown” itu mengarah ke file yang bernama “shutdown.exe”, yang letaknya pasti di drive c: . sejarahnya sih kalau kita buka file ini maka komputer langsung mati. Berarti kita cukup membuat perintah untuk memanggil file ini supaya komputer langsung mati.

Bagaimana cara memanggilnya?, apakah seperti memanggil hantu dan sejenisnya?. Pastinya jawabannya bukan laah, kita akan gunakan cara yang cukup mudah dan semoga dapat dipahami oleh siapa saja. Simak pembahasan berikut.

Cara Mematikan Komputer dengan Windows Run

Buka Run, caranya pergi ke start, lalu ketik “run”.

Bisa juga dengan cara cepat, tekan tombol “Windows” dan huruf “R” di keyboard secara bersamaan. (tombol “windows” ada dibawah huruf “Z”)

Tuliskan “shutdown”. Kemudian tekan enter.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - run

Cara Mematikan Komputer dengan CMD (Command Prompt)

Buka CMD, bisa dengan mengetikkan CMD di start.

Untuk win 8 lebih, klik kanan start pilih Command Prompt atau yang admin juga boleh.

Ketik “shutdown” lalu tekan enter.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - cmd

 

Beres. Komputer akan mati.

Cara Mematikan Komputer dengan Notepad

Buka notepad, kemudian tuliskan “shutdown” tanpa tanda kutip.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - notepad

 

Simpan dengan nama “apasaja.bat”, ingat pakai ekstensi “bat”, bukan “txt”. (nama bebas. tipe file harus .bat)

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - simpan notepad

Selsai, silahkan sobat buka file itu untuk mematikan komputer.

Nah kita sudah singgung sedikit bagaimana cara mematikan komputer dengan cara lain. Sekarang kta akan bahas yang paling intinya. Bagaimana cara membuat timer supaya komputer mati dalam beberapa detik kedepan. Apa?, detik?, kalau jam gimana?. Gampang aja, cukup konversikan jam ke detik, missal 4 jam kalau dii ubah ke detik jadi 14400 detik, udah gitu aja beres, udah pada jago itung-itungan kan?.

Oke simak baik baik.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Jalankan salah satu dari tiga cara diatas, misalnya saya coba dengan “Run”.

Ketik “shutdown –s –f –t 3600” lalu tekan enter.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - membuat timer di run

Selsai, kita sudah membuat timer supaya komputer mati dalam 3600 detik, atau gampangnya 1 jam.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - timer berhasil dibuat

Supaya lebih mudah silahkan lihat konversi Jam-Detik versi saya.

1 menit = 60 detik

30 menit = 1800 detik

1 jam = 3600 detik

2 jam = 7200 detik

4 jam = 14400 detik

sobat bebas mengganti berapapun, yang saya tulis diatas hanya contoh saja. Kalau sobat mau setting supaya 5 jam lagi komputernya mati secara otomatis, berarti sobat tinggal lakukan langkah diatas kemudian memasukkan angka “18000”, begitu seterusnya. Coba deh angkanya diganti jadi “00”, dijamin komputer langsung mati detik itu juga.

Saya Mau Batalkan Auto Shutdown

Kalau sudah terlanjur mensetting waktu shutdown otomatis, tapi ternyata perkerjaan masih bisa dilanjutkan dan kemungkinan akan berbenturan dengan shutdown yang sobat setting tadi, atau dalam artian sobat mau membatalkan shutdown otomatis yang dibuat tadi, silahkan ikuti langkah berikut untuk membatalkan shutdown otomatis.

Cara Membatalkan Auto Shutdown

Jalankan Cara yang tadi sobat lakukan, contohnya saya pakai Run.

Tulis “shutdown -a”

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - membatalkan auto shutdown

dan auto shutdown berhasil dibatalkan

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dalam 1 Jam Dengan Timer - timer dibatalkan

Ingat dengan cara ini komputer akan shutdown dengan cepat di waktunya, dalam artian komputer tidak akan mempedulikan pekerjaan yang belum selsai, dia akan langsung shutdown ketika sudah yepat di waktyunya. Jadi silahkan untuk berhati-hati dalam menggunakan cara ini, pastikan semua perkerjaan sudah disimpan dengan baik, kalau tidak malah hanya akan merugaikan diri sendiri. Sekian dari saya semoga bermanfaat. Salam.

Saya hanya manusia biasa yang ingin berbagi apapun yang bermanfaat bagi saya dan bagi siapapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *