Membangun Hotspot Pribadi di Windows 8 Tanpa Software

Ilyas175  – hai sobat, sebenarnya sudah lama sekali saya ingin bahas ini sob, cara membangun hotspot pribadi di windows 8, atau berbagi koneksi di windows 8, 8.1, dan 10. karena ini sangat penting sekali buat saya, dan buat sobat pengguna windows 8, windows 8.1 dan windows 10.

kenapa windows 7 tidak saya tulis juga?. karena untuk membangun hotspot portable di windows 7 dapat dilakukan dengan cara lain yang sudah umumnya diketahui banyak orang. cara membangun hotspot di windows 7 lebih mudah dan lebih simpel. bagi sobat yang belum tau caranya silahkan disimak di link berikut. – membangun jaringan  LAN dengan wifi di windows 7-.

Ad hoc absen dari windows 8

di windows 8 keatas kita sudah tidak bisa menggunakan cara itu, karena windows telah menghapus fitur ad hoc dari windows 8 dan seterusnya, tapi hanya secara tampilannya saja. windows tidak menghapus fitur ini (berbagi koneksi) secara keseluruhan. jadi kita tetap bisa membuat hotspot sendiri di windows 8, 8.1, dan 10.

kita harus membuatnya sendiri secara manual, tapi tenang sob, karena cara membangun hotspot pribadi di windows 8 cukup mudah. tidak hanya mudah, bahkan hasilnya akan lebih memuaskan bagi sobat yang ingin berbagi koneksi ke perangkat lainnya seperti android. karena hotspot portabel yang akan kita buat ini akan terbaca dengan mudahnya di berbagai perangkat android.

berbeda dengan adhoc yang ada di windows 7, yang hanya dapat dilihat di sesama windows 7 saja. tidak bisa terbaca di android.

sebelum kita mulai, pastikan bahwa pc atau laptop sobat sudah tersedia perangkat wifi. dan sudah lunas 🙂 oke, sekarang langsung saja kita mulai tutorialnya. simak baik baik agar tidak salah ketik.

Membangun hotspot

Buka command prompt (CMD) Admin. harus yang admin ya. klik kanan di “start”. pilih command prompt (Admin).

Membangun Hotspot Pribadi di Windows 8 Tanpa Software buka command prompt

ketikkan “netsh wlan”. lalu tekan enter. ini untuk coba-coba aja, kalau berhasil langsung lanjut.

Membangun Hotspot Pribadi di Windows 8 Tanpa Software testing

ketik “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=hotspott key=mautauaja”. tekan enter lagi. ganti nama hotspot dan password hotspotnya sesuai keinginan sobat.

Membangun Hotspot Pribadi di Windows 8 Tanpa Software membuat hotspot

sekarang hotspot sudah berhasil dibuat.

ingat! sudah berhasil dibuat, bukan dinyalakan ataupun dihidupkan. jadi jangan tutup dulu Command prompt nya, karena si hotspot butuh instruksi untuk dinyalakan. kalau tidak kita beri instruksi maka hotspot tidak akan hidup. perhatikan instruksi berikut.

Menyalakan hotspot

untuk menyalakan hotspot mudah sekali sob. sobat tinggal lakukan cara diatas, sampai CMD (Command prompt) terbuka. kalau sudah tahan disitu, silahkan ketikkan perintah berikut supaya hostpot berjalan dengan baik.

netsh wlan start hostednetwork“.

sekarang hostpot sudah hidup. sobat boleh menutup Cmd.

Mematikan hotspot

proses mematikan hotspot pun tidak sulit. silahkan matikan komputer / laptop sobat dan hostpot juga ikut mati. tapi kalau sobat hanya ingin mematikan hotspotnya saja ulangi seperti langkah diatas. kemudian ketikkan perintah berikut.

netsh wlan stop hostednetwork“.

dan selsai, sekarang hostpot kita sudah berhasil dimatikan.

alhamdulillah akhirnya hotspot kita sudah jadi, mudah sekali, tanpa harus banting-banting komputer, maksudnya banting tulang. sekarang kita tinggal memanfaatkannya sebaik mungkin. bagi sobat yang kurang faham bisa ditanyakan di kolom komentar yang ada di bawah.

Solusi Mudah.

buat sobat yang ga mau ribet pakai cara diatas, saya punya solusi yang tepat, silahkan download file berikut. disana ada 3 file yang berisi perintah untuk:

  • membuat hotspot,
  • menyalakan hotspot, dan
  • mematikan hotspotnya.

 

sobat cukup membukanya dengan mode administrator. dan hotspot langsung jadi. download filenya dibawah ini.

DOWNLOAD

admin mau pamit, sudah dulu yaa, semoga bermanfaat buat admin dan para pembaca.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *